Rekor, Album Baru Taylor Swift Terjual 2,6 Juta Unit di Pekan Pertama

Rekor, Album Baru Taylor Swift Terjual 2,6 Juta Unit di Pekan Pertama

Seperti yang sudah diduga sebelumnya, Taylor Swift mencetak rekor penjualan debut dalam kariernya dengan album teranyar, The Tortured Poets Department (TTPD). Album itu terjual 2,61 juta unit setara album di pekan pertama di Amerika Serikat.
Diberitakan Billboard, Minggu (28/4), angka penjualan per 25 April tersebut langsung menempatkan TTPD di nomor pertama tangga album Billboard 200 pekan ini dan menjadi salah satu debut terbesar.

Capaian itu juga menjadi catatan ke-14 untuk Taylor Swift menelurkan debut album di posisi puncak tangga penjualan album terlaris di Amerika Serikat tersebut.

Swift kini setara dengan Jay-Z sebagai solois album nomor satu terbanyak di tangga album 70 tahun tersebut. Secara umum keduanya berada di nomor kedua, di bawah The Beatles yang mencatatkan 19 album.

Angka penjualan pekan pertama TTPD yang mencapai 2,61 juta unit setara album di AS ini juga jadi yang terbesar dalam karier Swift. Rekor sebelumnya adalah 1989 (Taylor’s Version) pada 2023 dengan 1,65 juta unit setara album.

Penjualan TTPD ini disebut Billboard terdiri dari penjualan album fisik (CD, vinyl, dan kaset) sebesar 1,914 juta. Dari angka itu, sebanyak 859 ribu vinyl TTPD terjual dan menjadi yang terbesar mengalahkan 1989 (Taylor’s Version) pada 2023 dengan 693 ribu.

Selain itu, album dengan total 31 lagu ini mengantongi 891,34 juta streaming on-demand di Amerika Serikat dalam periode 19-25 April 2024 dari seluruh platform layanan streaming.
Atas perolehan tersebut, Taylor Swift mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh penggemar. Ia mengaku tak menyangka dengan capaian 2,6 juta album tersebut.

“Saya takjub. Saya benar-benar terpesona oleh cinta yang kalian tunjukkan pada album ini. 2,6 Juta, KALIAN SERIUS??” tulis Swift dalam unggahan di Instagram sembari merilis sejumlah foto di balik pembuatan TTPD, Senin (29/4) waktu Indonesia.

“Terima kasih telah mendengarkan, streaming, dan menyambut Tortured Poets ke dalam hidup kalian. Benar-benar ini membuat saya kewalahan. Saya sudah sangat bersemangat untuk kembali ke tur tetapi kalian melakukan INI?? Tanggal 9 tak sabar untuk dinanti,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *